Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Sabtu, 28 Desember 2013

PostHeaderIcon DIRJEN KN : TOTALITAS DARI NILAI INALUM ITU SENDIRI LEBIH DARI 1 MILYAR DOLLAR AMERIKA

sumber : www.djkn.depkeu.go.id

Jakarta - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiayanto pada Senin malam 23 Desember 2013 mengikuti rekaman acara Economic Challenges di Studio 2 MetroTV di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, acara talkshow dengan rating yang cukup tinggi membahas tentang situasi dan current issue ekonomi Indonesia. Pada edisi tersebut, Economic Challenges mengambil topik Pengambilalihan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Edisi yang rencananya akan ditayangkan pada 30 Desember 2013 pukul 21.00 WIB di MetroTV dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Kementerian Keuangan Hadiyanto, Direktur Jenderal Kerja Sama Industri Internasional (Dirjen KII) Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana Wirakusumah dengan pembawa acara Suryopratomo.


Pada tanggal 6 Januari 1976, PT Indonesia Asahan Aluminium (PT Inalum), sebuah perusahaan patungan antara pemerintah Indonesia dan Nippon Asahan Aluminium Co., Ltd, didirikan di Jakarta. PT Inalum dapat dicatat sebagai pelopor dan perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak dalam bidang industri peleburan aluminium selain membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Air di Provinsi Sumatera Utara. Tepat 19 Desember 2013 kepemilikan Inalum beralih sepenuhnya ke Republik Indonesia dengan pembayaran sebesar 556,7 juta Dollar Amerika.
Menjawab pertanyaan apakah keuntungan yang bisa dirasakan rakyat Indonesia dengan pengalihan kepemilikan Inalum, Dahlan Iskan menjawab, “Hal yang nyata-nyata langsung hari itu juga dinikmati adalah bisa menyumbangkan listrik untuk Sumatera Utara sebesar 100 MegaWatt, yang kedua kebutuhan aluminium dalam negeri bisa lebih terjamin karena bisa disuplai dari Inalum”. Hadiyanto sebagai Dirjen KN menjabarkan Negara Indonesia mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari kompensasi yang dibayar, kas pada Inalum sendiri terdapat dana sekitar 400 juta Dollar Amerika ditambah dengan inventori yang cukup besar. “Total nilai aset Inalum sendiri lebih dari 1 Milyar Dollar Amerika”, pungkas Hadiyanto. Dalam hal manajemen perusahaan Agus Tjahjana mengatakan sekarang PT Inalum berada dalam penguasaan Kementerian BUMN.


Berkaitan tentang status kepemilikan, Dirjen KN menyatakan saat ini PT Inalum menjadi 100 persen BUMN milik negara 
dan secara akunting adalah aset negara yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Salah satu fungsi dari Kementerian Keauangan adalah melakukan investasi, kita yakin ke depan Inalum bisa memberikan keuntungan deviden dan peningkatan pembayaran pajak serta multiplier effect di berbagai sektor”, tambah Hadiyanto. Sebagai penutup Dahlan Iskan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dirjen KN dan Dirjen KII yang telah bekerja keras dalam pengambilalihan PT Inalum. (humas)

FOTO-FOTO LAIN TERKAIT BERITA






0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi SIMAN

Aplikasi SIMAN
Informasi Tentang SIMAN, klik gambar

Informasi Layanan

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga