Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Rabu, 25 September 2013

PostHeaderIcon Morning Call : Berbagi Pengetahuan Seksi Kepatuhan Internal

sumber : www.djkn.depkeu.go.id

Jember - Senin, 23 September 2013 diadakan kegiatan morning call di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember dengan agenda utama berbagi pengetahuan (sharing knowledge) Seksi Kepatuhan Internal. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Jember, Agus Hari Widodo. Agus HW sapaan akrabnya, menyampaikan pentingnya memahami fungsi Kepatuhan Internal untuk tertib pengendalian internal. “Sebagai atasan saya mengharapkan semua pekerjaan dilaksanakan sesuai ketentuan, jangan sampai pekerjaan kita menjadi beban kita dikemudian hari, karena dipanggil oleh aparat pengawas fungsional maupun penegak hukum lainnya”, ucapnya.
Acara selanjutnya dipandu oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI), Muh. Syaiful L. beserta pelaksana pada Seksi KI, Nafisatul Muflihah. Pada kesempatan pertama, Nafisa menyampaikan tentang definisi risiko, konsep risiko, serta penerapan manajemen risiko di lingkungan Kementerian Keuangan. Pada kategori risiko, Nafisa menyampaikan beberapa kategori risiko antara lain : risiko fraud (tindak kecurangan), risiko strategis dan kebijakan (perubahan kebijakan di lingkungan organisasi), risiko operasional (kegagalan pada orang, proses dan sistem), risiko kepatuhan (SOP tidak dijalankan dengan sempurna), dan risiko finansial (kegagalan pihak ketiga dalam memenuhi kewajiban kepada organisasi).
Muh. Syaiful L., Kepala Seksi Kepatuhan Internal, menyampaikan fungsi kepatuhan internal yang dibagi dalam empat fungsi yaitu : pengendalian intern, kode etik dan disiplin, Balance Scorecard (BSC) dan Risk Management serta fungsi melaksanakan tindak lanjut dari hasil pengawasan yang dilakukan oleh pemeriksa. Sedangkan hubungan kerja dan koordinasi antara Unit Kepatuhan Internal (UKI) dengan unit lain, UKI berada ditengah-tengah. “Kami berada ditengah-tengah diantara aparat pemeriksa dengan unit yang akan diperiksa, tapi kami bukan mata-mata dari aparat pemeriksa/Inspektorat Jenderal”, ucap Syaiful.
Selain itu, Syaiful menyampaikan wewenang dan tanggung jawab dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal kepada pejabat/pegawai KPKNL Jember yang mengikuti morning call. Wewenang Seksi KI, antara lain mendapatkan akses atas produk/SOP yang telah dilaksanakan, meminta data yang dibutuhkan terkait kegiatan pemantauan pengendalian intern kepada seksi terkait, meminta informasi yang diperlukan baik dari dalam maupun dari luar lingkungan DJKN.
Pada akhir  acara, Syaiful mengharapkan sinergi antara Unit Kepatuhan Internal dengan unit lain yang ada di KPKNL Jember, sehingga pengendalian internal dan penerapan manajemen risiko di KPKNL Jember dapat berjalan sesuai ketentuan. (M. Eko Agus Y/edit Dwinanto).
Foto-foto terkait berita :




Foto lainnya, klik disini




0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi SIMAN

Aplikasi SIMAN
Informasi Tentang SIMAN, klik gambar

Informasi Layanan

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga