Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Jumat, 19 April 2013

PostHeaderIcon Dirjen KN Nyatakan Akan Reviu Kebijakan Pertukaran Aset

sumber : www.djkn.depkeu.go.id

Jakarta
 - Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Hadiyanto menyatakan bahwa Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan mereviu kebijakan pertukaran aset (ruislag), demikian salah satu pernyataan Dirjen Kekayaan Negara ketika menerima kunjungan 
Peter McCraydanJoann Wilkie serta beberapa staf dari Kementerian Keuangan Australia (Ministry of Finance and Deregulation of Australia) pada 12 April 2013 di Kantor Pusat DJKN.
 
Ruislag adalah suatu praktek yang wajar dan sering dilakukan oleh instansi pemerintah dalam menangani aset-aset yang sudah tidak sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang Kota (RUTR). Pihak swasta yang mengetahui adanya aset tersebut biasanya akan mengajukan proposal untuk menukar aset tersebut dengan aset di lokasi lain yang memiliki nilai sebanding. “Terkadang setelah 2 tahun setelah aset ditukar, nilainya naik signifikan, sedangkan aset yang kita terima naiknya biasa saja. Ke depannya kita akan mereviu lagi kebijakan ruislag ini. Apabila RUTR ternyata berubah, kita akan coba pertahankan aset yang tidak sesuai tersebut dan mengutilisasinya. Kita meminta alokasi dana untuk membangun aset di tempat lain, sedangkan aset yang sudah tidak sesuai dengan RUTR tersebut kita bangun mengikuti RUTR yang baru”, ujar Hadiyanto.
Kunjungan Kementerian Keuangan Australia tersebut merupakan ajang berbagi pengalaman (knowledge sharing)Kementerian Australia kepada DJKN. Acara tersebut berlangsung di ruang rapat lantai 10 Gedung Syafrudin Prawiranegara. Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto hadir didampingi Sekretaris DJKN, para direktur, para tenaga pengkaji dan staf.
 
Dalam sambutannya, Hadiyanto mengucapkan rasa terima kasih kepada Kementerian Australia yang telah memberikan asistensi dalam penyusunan peraturan tentang penyusutan Barang Milik Negara dalam Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Kekayaan Negara (RUU PKN). Hadiyanto menyatakan bahwa asistensi  tersebut sangat penting untuk pengelolaan dan pemafaatan barang milik negara yang semakin baik.
 
Pemaparan visi, misi, tugas dan fungsi DJKN dilakukan oleh Direktur Penilaian Aditya Jayaantara. Dalam paparannya, Aditya juga menjelaskan bahwa DJKN pada mulanya bernama Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN). Tugas DJPLN pada awalnya hanya pada bidang pengelolaan Piutang Negara dan Lelang. Setelah bertransformasi menjadi DJKN, DJPLN memiliki fungsi tambahan sebagai pengelola kekayaan negara.
Para pejabat dan pegawai DJKN sangat antusias dengan ajang pertemuan tersebut dan mengajukan beberapa pertanyaan, di antaranya pertanyaan mengenai fungsi deregulasi, yakni peraturan apa saja yang direviu, bagaimana cara mereviu peraturan, serta pertanyaan mengenai pengelolaan barang milik negara, di antaranya apa pertimbangan dan bagaimana cara mengasuransikan barang milik negara dalam bentuk aset tetap, serta cara pemerintah Australia dalam merampingkan jumlah BUMN berdasarkan pengalaman Kementerian Keuangan Australia. (teks : Tajudin, foto: Qori K.)

0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi SIMAN

Aplikasi SIMAN
Informasi Tentang SIMAN, klik gambar

Informasi Layanan

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga