Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Kamis, 08 November 2012

PostHeaderIcon Menteri Keuangan: Terima Kasih kepada Negarawan Penjaga Aset Negara

sumber : www.djkn.depkeu.go.id


Jakarta – “Semoga pemberian apresiasi ini dapat meningkatkan kinerja Kementerian/Lembaga dalam bidang pengelolaan barang milik negara (BMN).” Begitulah pesan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto kepada seluruh perwakilan Kementerian/Lembaga dalam acara Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan BMN pada Kementerian/Lembaga Tahun 2011 pada hari Kamis 1 November 2012 bertempat di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan. Acara yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan c.q. DJKN ini dihadiri oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Agus D. W. Martowardojo dan para pejabat dan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), serta perwakilan seluruh Kementerian/Lembaga dan undangan.
Acara diawali dengan penampilan tim paduan suara DJKN yang membawakan lagu “Bagimu Negeri”, kemudian dilanjutkan dengan penayangan video profil DJKN. Begitu video berdurasi tujuh menit tersebut selesai ditayangkan, acara dilanjutkan dengan laporan Hadiyanto terkait pelaksanaan acara.
Di awal laporannya, Hadiyanto mengatakan bahwa untuk mendorong terwujudnya pengelolaan BMN yang tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib fisik, DJKN telah berupaya untuk senantiasa memperbaiki regulasi di bidang pengelolaan BMN, sistem aplikasi, dan organisasi yang didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memahamibusiness process pengelolaan BMN. “Di samping itu, diperlukan pula sinergi kelembagaan yang kuat antara Pengelola Barang dan Pengguna Barang,” lanjut Dirjen KN.
                
Hadiyanto mengatakan, pengelolaan BMN semakin menunjukkan adanya tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum yang ditandai dengan peningkatan kualitas opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). "Dari tahun ke tahun, kualitas LKPP mengalami peningkatan, walaupun belum mencapai opini tertinggi seperti yang diharapkan," kata Hadiyanto.
Dirjen KN memaparkan nilai BMN mengalami peningkatan dari Rp323,51 triliun menjadi Rp1.726,33 triliun selama periode 2006-2012 yang menunjukkan adanya komitmen yang kuat untuk mewujudkan pengelolaan BMN yang handal. Tren positif ini diikuti pula dengan peningkatan dalam beberapa aspek pengelolaan BMN seperti tingkat utilisasi, tingkat kepatuhan pelaporan BMN, dan realisasi inventarisasi dan penilaian yang senantiasa meningkat setiap tahunnya, serta peningkatan opini BPK.
Sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan tren positif tersebut, DJKN memberikan apresiasi dengan melibatkan 85 Kementerian/Lembaga yang kemudian digolongkan dalam tiga kelompok berdasarkan jumlah satuan kerja (satker), yaitu: (1) Kelompok I terdiri atas 36 (tiga puluh enam) K/L dengan jumlah satker tidak lebih dari 10 unit; (2) Kelompok II, terdiri dari 23 (dua puluh tiga) K/L dengan jumlah satker lebih dari 10 unit dan tidak lebih dari 100 unit; dan (3) Kelompok III, terdiri dari 26 (dua puluh enam) K/L dengan jumlah satker lebih dari 100 unit.
                               
“Kami melakukan penilaian atas kinerja terbaik K/L dalam pengelolaan BMN berdasarkan data tahun 2011, yang diperoleh dari Direktorat BMN, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI), Kantor Wilayah DJKN, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL),” kata pria alumnus Universitas Padjajaran ini.
Penghargaan diberikan berdasarkan tingkat utilisasi BMN, tingkat kepatuhan pelaporan BMN, dan realisasi Inventarisasi dan Penilaian (IP) BMN. “Selain itu, akan dianugerahkan pula penghargaan kepada K/L yang menunjukkan peningkatan kualitas dan kinerja pengelolaan BMN yang progresif dan signifikan dalam bentuk Continous Improvement Awards,” imbuh Dirjen KN.
Dalam sambutannya, Menteri Keuangan mengatakan bahwa tuntutan masyarakat untuk tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel terus meningkat. “Sebagai aparatur negara, kita harus bisa menjawab tuntutan tersebut,” kata Agus.
Menteri Keuangan menilai pemberian apresiasi atas kualitas kinerja Kementerian/Lembaga dalam mengelola BMN ini bukan merupakan hal yang berlebihan. “Pemberian apresiasi ini juga sekaligus merupakan bentuk evaluasi dan pembinaan atas kinerja Kementerian/ Lembaga,” lanjut Agus.
      
Menteri Keuangan meyakini bahwa kerja keras dan usaha berkesinambungan Kementerian/Lembaga yang terefleksikan dalam tren positif tahunan atas pengelolaan dan penatausahaan BMN merupakan perwujudan dari kesungguhan Kementerian/Lembaga untuk terus berbenah dan memajukan diri.
Di akhir sambutannya Menteri Keuangan mengucapkan selamat kepada Kementerian/Lembaga yang meraih prestasi di bidang pengelolaan BMN dan berharap agar Kementerian/Lembaga yang meraih prestasi tidak boleh terlena dan berpuas diri dengan hasil yang telah kita raih. ”Good is not enough, when better is expected,” pesan Agus.
Sebagai upaya kesempurnaan memberikan pelayanan kepada para stakeholders, Menteri Keuangan meminta para perwakilan K/L untuk menyampaikan pertanyaan, masukan, dan saran terhadap interaksi yang selama ini berjalan. ”Karena acara ini baru pertama kali digelar, kita jadikan ini sebagai spirit dan evaluasi ke depan,” ujar Menteri setelah menanggapi beberapa saran yang masuk.
Setelah sambutan dari Menteri Keuangan, acara dilanjutkan dengan penganugerahan kepada para pemenang dalam rangka Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan BMN pada Kementerian/Lembaga Tahun 2011.
      
“Saya selaku Bendahara Umum Negara menyampaikan bahwa Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu yang berdiri di atas panggung ini adalah negarawan, karena telah berhasil turut serta menjaga aset negara,” pesan Menteri Keuangan di sela-sela penyerahan penganugerahan pemenang BMN Award.
Berikut ini daftar pemenang BMN Awards tahun 2012 yang telah diurutkan:
A. Kategori Utilisasi
Kelompok 1     : Komisi Yudisial, Bappenas, Arsip Nasional Republik Indonesia
Kelompok 2     : Lembaga Administrasi Negara, Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Lingkungan Hidup
Kelompok 3     : Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
B. Kategori Kepatuhan Pelaporan
Kelompok 1     : Badan Intelijen Negara, Dewan Perwakilan Rakyat, Badan Informasi Geospasial
Kelompok 2     : Kementerian Riset dan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
Kelompok 3     : Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
C. Kategori Realisasi IP
Kelompok 1     : Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara
Kelompok 2     : Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
Kelompok 3     : Badan Pusat Statistik, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri.
(Johan/Bend/Dimas-Humas DJKN)
      

0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi SIMAN

Aplikasi SIMAN
Informasi Tentang SIMAN, klik gambar

Informasi Layanan

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga