Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Selasa, 10 Januari 2012

PostHeaderIcon Sosialisasi Peraturan, Klarifikasi Temuan BPK, dan Persiapan Rekonsiliasi Data BMN Semester II 2011 di KPKNL Jember

sumber : www.djkn.depkeu.go.id


 
KPKNL Jember mengadakan kegiatan sosialisasi Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 271/KMK.06/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Penertiban BMN Pada K/L dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK.06/2011 tentang Pengelolaan BMN Yang Berasal Dari Dana Dekonsentrasi/Tugas Perbantuan (DK/TP) Sebelum TA. 2011, Klarifikasi Hasil Inventarisasi dan Penilaian (IP) Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) lingkup satuan kerja (satker) Kementerian Agama serta persiapan pelaksanaan rekonsiliasi semester II 2011 pada 20 s.d. 28 Desember 2011 yang diikuti oleh seluruh satker di wilayah kerja KPKNL Jember sebanyak 230 satker dengan jenis kewenangan DK/TP. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Probolinggo, Bondowoso dan Banyuwangi. 

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Widodo Sunarko, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) mewakili Kepala KPKNL Jember Widodo menyampaikan tujuan dari kegiatan untuk :

  1. Memberikan pemahaman terkait tindak lanjut penertiban BMN sesuai KMK Nomor 271/KMK.06/2011 kepada seluruh satker guna tercapainya keseragaman persepsi, langkah, dan optimalisasi tindak lanjut hasil penertiban BMN.
  2. Menyampaikan ketentuan Nomor 125/PMK.06/2011 sebagai tindak lanjut rekomendasi dari BPK RI terkait BMN eks DK/TP yang harus diselesaikan proses pengelolaannya pada 31 Desember 2011, dengan salah satunya dihibahkan kepada Pemerintah Daerah untuk dicatat sebagai Barang Milik Daerah (BMD).
  3. Melakukan klarifikasi hasil IP BMN dengan satuan kerja lingkup Kementerian Agama terkait perbedaan data Satgas Penertiban BMN dengan data pada Aplikasi SIMAK BMN satuan kerja.
  4. Menyampaikan kegiatan persiapan rekonsiliasi data BMN semester II 2011, dengan pembahasan kendala permasalahan terkait BMN, yang berkenaan dengan pengelolaan maupun penatausahaan BMN yang menggunakan Aplikasi SIMAK BMN dan persediaan, agar pelaksanaan rekonsiliasi data BMN semester II 2011 berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

   

Pada materi KMK 271/KMK.06/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Penertiban BMN Pada K/L, peserta dari satker yang dating, Kasubbag Umum/TU dan operator SIMAK BMN banyak menanyakan tentang BMN yang tidak ditemukan serta BMN berupa tanah yang belum bersertifikat atas nama K/L, sebagaimana yang disampaikan oleh Kasubbag TU satker BP DAS Sampean Bondowoso, Mariono.

Penyampaian materi PMK 125/PMK.06/2011 diikuti khusus oleh satker penerima dana Tugas Pembantuan. Peserta yang diundang diantaranya perwakilan dari Dinas Pengelolaan Aset pada masing-masing kabupaten/kota di wilayah kerja KPKNL Jember. Pertemuan sekaligus untuk mengetahui potensi nilai BMN dari dana TP yang direncanakan akan dihibahkan kepada Pemda untuk menjadi BMD. Potensi BMN menjadi BMD di wilayah kerja KPKNL Jember adalah sebesar Rp212.100.003.193,00.

Persiapan pelaksanaan rekonsiliasi data BMN semester II 2011 dilakukan dengan pemberian undangan rekonsiliasi yang disampaikan kepada satker yang hadir diberikan waktu untuk diskusi/tanya jawab seputar rekonsiliasi data BMN. Beberapa pertanyaan disampaikan oleh satker, diantaranya seperti dari KPPN Jember yang menyampaikan kendala perekaman perolehan barang kiriman dari Kantor Pusat DJPBN yang tidak disertai dengan BAST. Solusi yang diberikan oleh KPKNL Jember, agar segera berkoordinasi dengan Kantor Pusat mengenai dokumen sumber berupa BAST sebagai dasar perekaman transfer masuk pada Aplikasi SIMAK BMN untuk keperluan tertib administrasi.

Klarifikasi hasil IP BMN dengan satuan kerja lingkup Kementerian Agama terkait perbedaan data Satgas Penertiban BMN dengan data pada Aplikasi SIMAK BMN di satker. Klarifikasi dilakukan dengan cara membuat kertas kerja klarifikasi yang membandingkan data Inventarisasi dan Penilaian BMN pada form LP-01 dan/atau LP-02 (Laporan Hasil Penilaian) dengan riwayat data BMN yang terkait dengan koreksi nilai hasil Tim Penertiban Aset. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memastikan kembali dan mengklarifikasi data Satgas Penertiban BMN dengan data yang ada di Satker (K/L).

 
Pada akhir acara, Kepala KPKNL Jember yang diwakili oleh Kepala Seksi PKN menutup kegiatan sosialisasi tersebut, dengan harapan peserta sosialisasi dapat menindaklanjuti sesuai tingkat kewenangannya terkait pelaksanaan KMK 271/KMK.06/2011, PMK 125/PMK.06/2011, dan pelaksanaan rekonsiliasi data BMN semester II 2011 dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan sesuai ketentuan yang berlaku. (M. Eko Agus Y –KPKNL Jember)

0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi SIMAN

Aplikasi SIMAN
Informasi Tentang SIMAN, klik gambar

Informasi Layanan

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga