Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com

SENYUM KPKNL JEMBER

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Sabtu, 25 Juni 2011

PostHeaderIcon Undangan Rekonsiliasi Data BMN Semester I 2011


Rekonsiliasi BMN Semester I 2011

Menunjuk Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 102/PMK.05/2009 dan Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor : PER-07/KN/2009 tentang Tata Cara Pelaksanaan Rekonsiliasi Data Barang Milik Negara dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, KPKNL Jember mengundang Satuan Kerja (satker) wilayah kerja KPKNL Jember untuk melaksanakan pemutakhiran dan rekonsiliasi data BMN semester I 2011, dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Satuan kerja, jenis kewenangan KD, lokasi Kabupaten Jember dilaksanakan pada tgl. 1 Juli 2o11, undangan klik disini.
  2. Satuan kerja, jenis kewenangan KD, lokasi Kabupaten Bondowoso dan Situbondo dilaksanakan pada tgl. 4 Juli 2o11, undangan klik disini.
  3. Satuan kerja, jenis kewenangan KD, lokasi Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan pada tgl. 5 Juli 2o11, undangan klik disini.
  4. Satuan kerja, jenis kewenangan KD, lokasi Kabupaten/Kota Probolinggo dilaksanakan pada tgl. 6 Juli 2o11, undangan klik disini.
  5. Satuan kerja, jenis kewenangan KP dan TP, dilaksanakan pada tgl. 7 Juli 2o11, undangan klik disini.

Petugas satker, agar mengisi checklist serta memperhatikan kelengkapan dari dokumen yang dibawa pada saat rekonsiliasi data BMN dengan KPKNL Jember.

TERTIB PENATAUSAHAAN BMN, UNTUK PENGELOLAAN BMN YANG LEBIH BAIK

Sabtu, 18 Juni 2011

PostHeaderIcon Sosialisasi Migrasi BMN dan Persiapan Pelaksanaan Rekonsiliasi Semester I 2011


KPKNL Jember mengadakan kegiatan sosialisasi migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan serta persiapan pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011 pada tgl. 15 s.d. 20 Juni 2011 yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Jember sebanyak 226 satker. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Bondowoso, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.
Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Anita Dhamajanti, Kasubbag Umum mewakili Kepala KPKNL Jember. Anita menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan kegiatan migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 29/PMK.06/2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi BMN serta untuk persamaan persepsi antara KPKNL Jember dengan satker pada pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011. Kepala KPKNL Jember mengharapkan, petugas dari satker (operator SIMAK BMN dan operator SAKPA) dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga pelaksanaan semester I 2011 diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta menyampaikan segala kendala permasalahan terkait migrasi maupun hal lainnya terkait Barang Milik Negara (BMN) langsung ke nara sumber.

Seusai pembukaan dari Kepala KPKNL Jember, acara berikutnya yaitu penyampaian materi SOP Konversi Penggolongan dan Kodefikasi BMN yang disampaikan oleh Kepala Seksi PKN, Widodo Sunarko. Materi ini disampaikan, agar para petugas satker dapat memiliki gambaran umum mengenai pelaksanaan migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan sebelum melakukan praktek migrasi. Pada kesempatan tersebut, Widodo menyampaikan tahapan dari pelaksanaan migrasi, dimulai dari tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pasca pelaksanaan. Selain tahap pelaksanaan, yang penting juga adalah tindak lanjut dari pelaksanaan konversi.

Kegiatan berikutnya yakni, praktek migrasi Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan yang dipandu oleh staf dari Seksi PKN. Pada sesi ini petugas dari satker dipandu proses instalasi aplikasi migrasi (SIMAK BMN dan Persediaan) dan instalasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan baru yang telah sesuai PMK 29 Tahun 2010. Proses migrasi yang dilaksanakan oleh satker secara umum tidak mengalami kendala, nilai BMN sebelum dan setelah proses migrasi telah dibandingkan dan nilainya sama. Proses selanjutnya adalah melakukan pengiriman data hasil migrasi baik yang pindah akun maupun BMN yang tidak termigrasi ke SAKPA. Petugas satker juga dipandu cara pengisian kertas kerja konversi penggolongan dan kodefikasi BMN sebagai kelengkapan dari pelaksanaan migrasi.

Sebelum acara diakhiri, disampaikan juga beberapa hal terkait pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011, diantaranya :

  1. Jadwal pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011. Satker wilayah Kab. Jember diberi jadwal melaksanakan rekonsiliasi semester I 2011 pada tgl. 1 Juli 2011, Kab Bondowoso dan Kab. Situbondo pada tgl. 4 Juli 2011, Kab. Banyuwangi pada tgl. 5 Juli 2011, Kab/Kota Probolinggo pada tgl. 6 Juli 2011 dan Satker dengan jenis kewenangan KP, TP dan UB pada tgl. 7 Juli 2011.
  2. Prosedur rekonsiliasi ulang, yang agak diperketat dengan cara mengingatkan kepada petugas satker untuk melakukan check dan re-check keseluruhan transaksi sebelum melaksanakan rekonsiliasi dengan KPKNL Jember.
  3. Penyampaian soft copy agar dilaksanakan dengan tertib, dengan cara mengirim via email keseluruhan data yang diminta pada tgl. 30 Juni 2011 atau dengan media lainnya selain tgl. 30 Juni 2011 tersebut.
  4. Prosedur penyampaian laporan satker lingkup Kementerian Agama yang disesuaikan dengan surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor : SJ/BIII/KU.00/1771/2011 tgl. 25 Mei 2011.
  5. Penatausahaan BMN dari Barang Rampasan dan dari dana Tugas Pembantuan yang masih belum dilaksanakan dengan tertib, KPKNL Jember siap melayani satker untuk perbaikan pelaksanaan pegelolaan dan penatausahaan BMN yang tertib. KPKNL Jember juga memberikan contoh-contoh surat dan peraturan yang berkaitan dengan BMN.
Pada kegiatan ini, KPKNL Jember juga menyebar kuesioner untuk diisi oleh petugas dari satker sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dari pelayanan KPKNL Jember yang dapat memuaskan stakeholder bidang BMN. KPKNL Jember berkomitmen melayani dengan SENYUM (Senang, Nyaman, Unggul dan Memuaskan). Acara berakhir pada pukul 15.00 WIB, dengan sambutan penutup dari Kepala Seksi PKN. (eko)


Kamis, 09 Juni 2011

PostHeaderIcon Undangan Sosialisasi Migrasi Aplikasi SIMAK BMN dan Aplikasi Persediaan 2010


Sosialisasi Migrasi SIMAK BMN dan Persediaan

Sehubungan dengan surat Menteri Keuangan Nomor : S-183/MK.6/2011 hal Launching Aplikasi SIMAK BMN 2010 dan Aplikasi Persediaan 2010, KPKNL Jember akan melaksanakan Sosialisasi Migrasi Aplikasi SIMAK BMN dan Aplikasi Persediaan 2010 kepada satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Jember, sebagai berikut :

  1. Kabupaten Bondowoso dan Kab. Situbondo dilaksanakan di Bondowoso pada hari Rabu, 15 Juni 2011;
  2. Kabupaten/Kota Probolinggo dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juni 2011;
  3. Kabupaten Jember dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Juni 2011;
  4. Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juni 2011.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, diundang 2 (dua) orang : Operator SIMAK BMN dan Operator SAKPA dengan membawa laptop yang telah terinstall aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan (lama) dan Aplikasi SAKPA 2011, membawa Laporan Penertiban BMN dan mengirim backup Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan posisi terakhir sebelum migrasi ke okeaja39@gmail.com.

Surat undangan kegiatan sosialisasi tersebut telah kami kirim, namun demikian apabila terdapat satker yang tidak menerima surat undangan asli sampai tanggal pelaksanaan, dapat mendownloadsurat undangan tersebut berikut :

  • Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo, download disini
  • Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo, download disini
  • Kabupaten Jember, download disini
  • Kabupaten Banyuwangi, download disini

KPKNL Jember menyatakan undangan elektronik tersebut sama dengan surat undangan asli, dan dapat digunakan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan

Hal teknis penyelenggaraan dapat menghubungi KPKNL Jember (Eko HP 0811356350 atau Rita HP 081358376262).

Selasa, 07 Juni 2011

PostHeaderIcon Direktorat BMN Adakan Rakornas BMN Internal DJKN


sumber : www.djkn.depkeu.go.id

Yogyakarta - Direktorat Barang Milik Negara mengadakan Rapat Koordinasi Nasional Barang Milik Negara (BMN) Internal DJKN pada tanggal 30 Mei 2011 – 1 Juni 2011 di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta. Acara ini mengambil tema “Konsolidasi Internal Menuju Pengelolaan BMN yang Efektif dan Akuntabel.”

Acara dimulai Senin malam, 30 Mei 2011 dengan diawali laporan panitia oleh Kepala Subdirektorat BMN IV, Chalimah Pujiastuti. Kasubdit BMN IV melaporkan jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 104 peserta yang terdiri dari 34 perwakilan dari Kantor Wilayah DJKN dan 70 perwakilan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) seluruh Indonesia.

Mewakili Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Direktur BMN, Pardiman yang didampingi oleh Kepala Kanwil IX DJKN Semarang, Soenaryo dan Kasubdit BMN I, A Yanis Dhaniarto membuka acara Rakornas. Direktur menyampaikan tujuan dari acara ini adalah penyamaan langkah dan bahasa terkait dengan troubleshooting atas permasalahan di tingkat penatausahaan BMN. Selanjutnya, Direktur menyampaikan pengarahan dari Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang berisi empat agenda dalam penanganan BMN yaitu: temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) terkait inventarisasi penilaian, rencana implementasi perencanaan kebutuhan BMN, Implementasi PMK nomor 29/PMK.06/2010, dan pembinaan satuan kerja.

Seusai pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Perwakilan dari KPKNL Yogyakarta, Selo Tornando menyampaikan masukan mengenai peraturan BMN yang masih minim, permasalahan rekonsiliasi ulang yang direkomendasikan oleh BPK, dan masih bermasalahnya Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (Dekon-TP). Selanjutnya, perwakilan dari KPKNL Bandung, Iman Abdurrahman, menyampaikan usulan agar dibentuk help desk BMN. Pertanyaan terakhir datang dari perwakilan KPKNL Palu, Bula Taralesa yang menanyakan permasalahan kriteria aset idle. Acara hari pertama ditutup dengan photo session semua peserta Rakornas.



Pada hari kedua pelaksanaan acara, kegiatan dibagi menjadi tiga kelas dimana masing-masing kelas membahas materi yang sama dengan narasumber yang berbeda. Sesi pertama membahas mengenai Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK) Perencanaan Kebutuhan: Target Implementasi Tahun Anggaran 2012. Kasubdit BMN IV memberikan pemaparan pada kelas A, Kasubdit BMN I pada kelas B, dan Kepala Seksi BMN IIC, Rina Yulia membawakan materi di kelas C. Materi yang disampaikan pada sesi pertama ini mengenai perbandingan perencanaan kebutuhan BMN dengan penganggarannya. Hingga berita ini ditulis, acara masih berlangsung. (Nur-Qori Humas)

Rakornas ini mengagendakan materi-materi sebagai berikut:

1. RPMK Perencanaan Kebutuhan: Target Implemetasi TA 2012

2. Aplikasi SIMAK BMN 2010 dan Aplikasi Persediaan 2010, Konversi/Migrasi dan SOP-nya

3. Pola pembinaan BMN pada Kantor Regional

4. Diskusi Permasalahan Sistem Informasi BMN

5. Buletin Teknis 9 (Aset Tetap) dan 10 (Bantuan Sosial)

Informasi Layanan

Pencarian

Memuat...

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga