Selamat datang di KPKNL Jember, melayani dengan SENYUM, SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan

Statistik Kunjungan

Hubungi KPKNL Jember

Telp : 0331-428758, 428760
Fax : 0331-428760
Email : kpknljember.djkn@gmail.com / kpknljember.bmn@gmail.com
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Berbagi Informasi

Berbagi Informasi
klik gambar, utk kirim berita

klik untuk menuju Facebook - KPKNL Jember

Pengadaan Barang dan Jasa

Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Kamis, 17 Juni 2010

PostHeaderIcon Bravo DJKN! Penertiban BMN Akhirnya Membuahkan Hasil

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) baru saja (1 Juni 2009) mengumumkan opininya atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2009. Setelah selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2004 mendapat opini disclaimer, untuk pertama kalinya LKPP Tahun 2009 mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Opini WDP ini hanya satu tingkat di bawah peringkat terbaik, yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi kita semua.

Pada pembukaan Rakernas DJKN beberapa waktu yang lalu, Menteri Keuangan menyampaikan bahwa salah satu butir kontrak kerja Menteri Keuangan dengan Presiden RI pada Kabinet Indonesia Bersatu II adalah LKPP tidak disclaimer lagi tahun 2011. Dengan kerja keras Kementerian Keuangan bersama-sama dengan Kementerian/Lembaga lainnya, target ini dapat dicapai dua tahun lebih awal. Sekali lagi ini adalah pencapaian yang luar biasa. Namun demikian, tugas yang jauh lebih berat sudah menantang di depan mata karena selain tidak disclaimer, pada tahun 2011 juga ditargetkan memperoleh opini WTP. Dengan sisa waktu 1½ tahun, kita harus mampu mencapai target opini tersebut. Ini membutuhkan kerja keras Kementerian Keuangan, baik pusat dan daerah, serta seluruh Kementerian/Lembaga.
Perbaikan opini BPK pada LKPP 2009 ini tidak terlepas dari berbagai upaya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), untuk menertibkan Barang Milik Negara (BMN)/aset negara. Sebagaimana dikutip dari siaran pers BPK mengenai LKPP tanggal 1 Juni 2009, terkait aset negara dalam tahun 2009 pemerintah telah melakukan perbaikan, berupa:
inventarisasi dan penilaian atas aset tetap yang diperoleh sebelum tahun 2005 yang telah mencapai 98%;
menilai sebagian Aset Eks BPPN dan sebagian Aset KKKS;
menetapkan penyajian Aset KKKS di luar neraca (off balance sheet) dan mengungkapkannya dalam Catatan atas LKPP sampai ada kejelasan status kepemilikan dan kebijakan akuntansinya.
Pencapaian ini merupakan kerja keras seluruh jajaran staf DJKN. Dengan mengerahkan segala tenaga dan sumber daya, penertiban BMN sudah menyelesaikan sebanyak 22.506 satker atau sebesar 98% dari total 22.947 satker, sehingga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap opini BPK atas LKPP 2009. Akan tetapi hasil ini hendaknya jangan membuat kita berpuas diri, tetapi lebih memacu semangat untuk berbuat yang lebih baik, seperti kata pepatah “good is not enough, when better is expected”. Selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran dan keluarga besar DJKN. Bravo DJKN! - (Dic)

sumber : www.djkn.depkeu.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi SIMAN

Aplikasi SIMAN
Informasi Tentang SIMAN, klik gambar

Informasi Layanan

SIMAK BMN 2011

SIMAK BMN 2011
klik gambar utk download

Berlangganan Berita KPKNL Jember, masukkan email anda


klik utk download layanan unggulan DJKN

Informasi / Pengumuman Lelang

Informasi / Pengumuman Lelang
Klik gambar untuk informasi lelang

Media Kekayaan Negara

Media Kekayaan Negara
klik gambar untuk lihat Media KN 05 GRATIS !!!

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2010 dapat diunduh di sini.

Kurs Lengkap klikbca

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga